27.3 C
New York
Selasa, Agustus 16, 2022
spot_img
Beranda blog

PUGERKULON DUWE GAWE : KEMERIAHAN PUGERKULON FEST RAYAKAN DUA MOMEN ISTIMEWA

0

Pugerkulon selama empat hari berturut-turut 10 – 13 Agustus 2022 mengadakan festival Petik Laut dalam rangka memperingati bulan Suro/Muharram dan HUT RI. Adapun serangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Tradisional Semarak Petik Laut

Hari Petama di serangkaian acara Pugerkulon Fest, 10 Agustus 2022, diadakan lomba Tradisional Semarak Petik Laut di Lapangan Kecamatan Puger oelh Pemdes Pugerkulon berkolaborasi dengan mahasiswa KKN yang berasal dari Unej, UIJ, INAIFAS, dan ITS Mandala. Lomba yang diadkan dari pukul 15.00 – 17.00 WIB ini dimeriahkan oleh masyarakat dengan kategori bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak.

2. Khotmil Qur’an

Khotmil Qur’an diselenggarakan Pemdes Pugerkulon dengan para tokoh agama serta mahasiswa KKN. Khotmil Qur’an yang khitmad ini berlangsung dari pukul 06.00 – 10.00 WIB yang bertempat di Aula Kantor Desa Pugerkulon. Di hari kedua Pugerkulon Fest, Yatu tanggal 11 Agustus 2022.

3. Tahlil Akbar

Masih di hari kedua dalam serentetan Pugerkulon Fest, di malam harinya diadakan acara Tahlil Akbar. Acara Khotmil Qur’an dan Tahlil Akbar ini diselenggarakan dengan tujuan selamatan desa berdoa meminta keselamatan dan keberkahan rezeki kepada Allah SWT. Tahlil akbar ini diikuti oelh keluarga Pemdes Pugerkulon dan masyarakat.

4. Parade Musik Patrol

Seusai Tahlil Akbar, Langsung disambung oleh acara Parade Musik Patrol. Karena antusiasme masyarakat, acara ini diikuti oleh 10 kelompok yang dibagi menjadi dua sesi yaitu tanggal 11 dan 13 Agustus 2022.

5. Kirab Budaya

Setelah dua tahun vakum dalam kegiatan kirab budaya akibat Pandemi Covid-19, tentunya kirab budaya kali ini sangat meriah dan dinanti-nantikan oleh masyarakat Pugerkulon. Kemeriahan dan kemegahan acara ini terlihat dari partisipasi masyarakat yang mengikuti acara kirab ini, yaitu 21 kelompok yang terbagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah PAUD dan TK sebanyak 10 kelompok yang dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga selesai. Kategori yang kedua adalah umum, SD, SMP, dan SMA atau sederajat sebanyak 17 kelompok yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Kirab Budaya diadakan di batas desa, dari Dusun Gedangan hingga Kantor Balai Desa Pugerkulon.

6. Pagelaran Wayang

Usai Kirab Budaya, malam harinya langsung disambung oleh acara Pagelaran Wayang yang didalangi oleh Dalang Dirjo dengan lakon “Bolodewo Tandang”. Acara ini tentunya disambut hangat oleh masyarakat, mengingat selama masa pandemi acara yang seperti ini tidak diadakan untuk membatasi mobilitas masyarakat.

7. Larung Sesaji

Penutupan dari sekian banyak rentetan acara Pugerkulon Fest ini adalah acara Larung Sesaji. Acara larung sesaji tahun ini sangat meriah selain diikuti oleh masyarakat, pada acara yang spesial ini juga dihadiri oleh muspika yang melihat langsung pelarungan sesaji.

PEMBAGIAN BLT DD MENJELANG HUT RI KE-77

0

Pugerkulon (04/08/22) dengan semangat 45 menyalurkan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) tahap ke VII kepada para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT DD. Dengan adanya kelonggaran dari pemerintah mengenai prokes, maka BLT DD tahap ke VII dapat disalurkan secara serentak ke-6 dusun yang ada di Desa Pugerkulon.

Selain dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, dan para KPM BLT DD, kegiatan kali ini juga dihadiri oleh pendamping desa dan perwakilan Camat Puger.

Kegiatan berlangsung secara tertib dan efisien.

PEMBINAAN DESTANA SEBAGAI UPAYA TANGGAP BENCANA

0

Hari ini (30/07/22) sebenarnya adalah hari libur nasional dalam rangka memperingati 1 Muharram. Akan tetapi, Pemerintah Desa Pugerkulon mengadakan kegiatan yang sangat esensial untuk menanggulangi masalah bencana alam, yaitu Pembinaan Destana (Desa Tangguh Bencana) di Cemoro Sewu Pantai Pancer Puger Desa Pugerkulon. Peserta Pembinaan Desatana terdiri dari perangkat desa, linmas, relawan Destana, dan mahasiswa KKN yang berasal dari Universitas Jember, Universitas Islam Jember, dan Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah (INAIFAS).

Kegiatan yang diadakan pada pukul 08.30 – 11.30 WIB ini mengundang narasumber lansung dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jember untuk memberikan materi mengenai penanggulangan bencana yang meliputi  1) pertolongan pertama pada korban bencana, 2) pemetaan daerah rawan bencana, dan 3) triase bencana alam.

Materi pertama adalah pertolongan pertama pada korban bencana. Langkah-langkah pertolongan pertama pada korban bencana meliputi:

  1. Mencari dua orang, satu sebagai saksi dan satu untuk menghubungi nomor darurat. Khusus Provinsi Jawa Timur dapat menghubungi
    Telepon : +62 (031) 8550222 Email : mail@bpbd.jatimprov.go.id
  2. Meletakkan korban di tempat yang nyaman dan rata.
  3. Memeriksa denyut nadi dan pernapasan korban. Pemeriksaan denyut nadi korban dapat di lakukan di bagian leher dan pergelangan tangan. Pemeriksaan pernapasan korban dapat dilakukan dengan cara mendekatkan telinga ke hidung korban. Cara lain adalah dengan menempelkan plastik di hidung korban, apabila terdapat uap air, maka dapat dipastikan korban masih hidup.
  4. Melakukan resusitasi jantung paru (RJP) atau cardiopulmonary resuscitation (CPR) dengan cara memompa dada korban sebanyak 15 x 3. Jika korban masih belum sadar maka perlu diberikan napas buatan.

Materi kedua adalah pemetaan daerah rawan bencana alam. Dikarenakan kondisi geografis Desa Pugerkulon adalah mempunyai lautan selatan, maka potensi bencana alam yang mungkin terjadi adalah tsunami dan puting beliung. Potensi tsunami lebih besar jika dibandingkan dengan puting beliung dikarenakan keberadaan zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia (generator gempa kuat) , sehingga  wilayah selatan Jawa merupakan kawasan rawan gempa dan tsunami.

Materi ketiga adalah Triase Bencana

Triase Bencana adalah pemberian kode atau pelabelan warna pada korban dengan penjelasan sebagai berikut:

1. warna hijau untuk korban yang masih sadar, bisa berjalan, dan mempunyai luka ringan

2. warna kuning untuk koran yang sadar dan mempunyai luka ringan hingga menengah

3. warna merah untuk korban yang tidak sadar dan mempunyai luka berat

4. warna hitam untuk korban yang tidak sadar dan kemungkinan besar meninggal.

Penganganan korban bencana didahulukan pada korban yang mempunyai luka paling ringan dikarenakan potensi untuk hidup lebih besar. Hal ini berbanding terbalik bagi penanganan  di rumah sakit, pasien yang ditangani terlebih dahulu adalah pasien yang mempunyai luka paling parah/ dengan label tertinggi (merah/hitam), kemudian yang paling ringan.

Semoga pembinaan Destana ini hanyalah sebuah teori yang tidak sampai dipraktikkan pada penanggulangan bencana. Semoga Negara Indonesia khususnya Desa Pugerkulon aman dan terhindar dari bencana alam.

 

FOGGING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DBD

Pugerkulon (22/07/2022) Pemdes Pugerkulon bekerja sama dengan UPT Puskemas Pugern dalam kegiatan fogging dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Sebelumnya, terdapat kasus 2 anak dari Dusun Gedangan Desa Pugerkulon terjangkit DBD. Oleh karenanya, kegiatan fogging ini sebagai upaya penangulangan sekaligus pencegahan agar tidak ada lagi korban yang terjangkit penyakit DBD.

Fogging di adakan di Dusun Gedangan pada pukul 08.00 – selesai secara door to door ke rumah warga.

Berharap dengan adanya kegiatan ini, tidak ada lagi warga Desa Pugerkulon yang terjangkit penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

STUDI DAN PRAKTIK PEMULASARAAN JENAZAH

Pugerkulon (19/07) mengadakan pertemuan untuk membahas cara perawatan jenazah atau yang bisa dikenal sebagai pemulasaraan jenazah. Pemulasaraan jenazah ini bersifat wajib kifayah. Artinya wajib dilaksanakan, tetapi bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur. Pemateri kegiatan kali ini adalah Ust. AHMAD MIZAN ROSYADI. Proses pemulasaraan jenazah dimulai dari memandikan jenazah, mengkafani jenazah, menyalati jenazah, dan mengubur jenazah.

 

 

Pada pertemuan kali ini Pemdes Pugerkulon mengundang perwakilan tiap dusun enam orang dengan rincian tiga orang laki-laki dan tiga orang perempuan. Perangkat desa dan seluruh perwakilan dikumpulkan di Aula Kantor Desa Pugerkulon untuk mengikuti studi dan praktik pemulasaraan dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

BUMDESMA BUMI PUGER HADIR SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

Pugerkulon (30/06/2022) Luar biasa dalam 1 hari Pemdes Pugerkulon telah mengadakan 2 rapat. Selain pertemuan rutin PKK, diadakan pula Musyawarah Desa. Musyawarah Desa atau yang biasa disebut dengan musdes kali ini membahas tentang Sosialisasi dan Penetapan Transformasi Eks PNPM MPd Menjadi Bumdesma.

 

Perlu diketahui bahwa PNPM MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan) yang berada di bawah naungan BKAD adalah program yang mengadakan kegiatan SPP (Simpan Pinjam Perempuan). Kini, PNPM MPd bertransformasi menjadi Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) yang memiliki program lebih luas lagi. Selain SPP, Bumdesma juga dapat menjalin kerja sama dalam usaha lain yang berkaitan dengan penambahan modal.

Transformasi Bumdesma ini diadakan karena Kecamatan Puger menduduki peringkat lima besar se-Kabupaten Jember dalam pengelolaan dan pengembangan modal. Nama Bumdesma untuk Kecamatan Puger adalah BUMDESMA BUMI PUGER.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2021 Pasal 7 ayat (5) yang berbunyi: “Pendirian Bumdes Bersama (Bumdesma) dilakukan dengan desa lain secara langsung tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya bumdes di desa masing-masing”. Artinya, desa-desa se-Kecamatan Puger dapat mengadakan kerjasama dengan BUMDESMA BUMI PUGER.

Acara yang dihadiri oleh kepala desa, anggota BKAD, perangkat desa, ketua BPD, ketua PKK, Babinmas, dan tokoh masyarakat ini berlangsung pada pukul 11.30 – 12.30 WIB di Aula Kantor Desa Pugerkulon dan besepakat untuk menunjuk 5 delegasi desa untuk Kecamatan Puger, yaitu. (1) Bapak Nurhasan selaku Kepala Desa Pugerkulon, (2) Bapak Nurdiyanto sekalu Ketua BPD Desa Pugerkulon, (3) Bapak Mashudi selaku Ketua LPM Desa Pugerkulon, (4) Ibu Ninik Dwi Lestari selaku tokoh pemuda perempuan, dan (5) Bapak Hasan Bisri selaku tokoh pemuda laki-laki.

Selain musdes penetapan, diadadakan pula penyaluran Bansos BKAD Eks PNPM MPd Kecamatan Puger kepada 58 RTM (Rumah Tangga Miskin). Bansos yang diterima berupa beras 5kg untuk setiap RTM.

BUKAN HANYA SATU, MELAINKAN DUA HAL YANG SPESIAL DI PERTEMUAN RUTIN PKK HARI INI

Pugerkulon (30/6/2022) telah diadakan kegiatan pertemuan rutin PKK yang dihadiri oleh PKK, Kader Posyandu, Bidan Desa, dan anggota RDS di Aula Kantor Desa Pugerkulon pada pukul 09.00-10.30.

Ada 2 hal yang menarik pada pertemuan rutin PKK hari ini, yaitu (1) pengenalan Bidan Desa Pugerkulon yang baru dan (2) pengumuman  Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Nonberas dan Nontepung se-Kecamatan Puger.

Alhamdulillah hal baik yang pertama adalah Desa Pugerkulon sebagai desa mandiri dipercaya untuk memiliki 2 (dua) Bidan Desa pada periode kali ini. Dua bidan desa tersebut adalah Bidan Wahyu Novita Handayani dan Bidan Hevi Yulita. Bidan Wahyu Novita Handayani berasal dari Desa Mojosari, Kecamatan Puger. Sedangkan, Bidan Hevi Yulita berasal dari Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan. Semoga dengan adanya 2 bidan desa baru tersebut yang mulanya taraf kesehatan masyarakat baik bisa menjadi lebih baik lagi.

Hal baik yang kedua adalah PKK Desa Pugerkulon memenangkan peringat kedua dalam Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Nonberas dan Nontepung se-Kecamatan Puger. Peringkat pertama adalah PKK Desa Mojomulyo, sedangkan peringkat ketiga adalah PKK Desa Jambearum. Nantinya PKK Desa Pugerkulon akan lanjut untuk mengikuti lomba Cipta Menu di tingkat kabupaten.

 

 

KUNJUNGAN DISPENDUK CAPIL KE KANTOR DESA PUGERKULON

0

PUGERKULON (23/06/2022) Kantor Desa Pugerkulon mendapat kunjungan dari Dispenduk Capil Kabupaten Jember hari ini untuk membagikan dokumen catatan sipil berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebanyak kurang lebih 200 warga Desa Pugerkulon mendapatkan undangan dalam kegiatan ini untuk mendapat dokumen catatan sipil tersebut.

Kegiatan ini bermaksud untuk memonitor kelancaran dalam kepengurusan dokumen catatan sipil. Selain itu, kegiatan ini juga memonitor agar tidak ada pungli (pungutan liar). Berharap dengan adanya kegiatan ini, kepengurusan dokumen catatan sipil dapat lebih lancar sehingga memudahkan masyarakat.

PUGERKULON FEST: PETIK LAUT & SELAMATAN DESA

0

Perbaruan pengumuman untuk kegiatan Petik Laut dan Selamatan Desa. Peserta kirab budaya tidak dibatasi. Oleh karena itu, mari semua warga Desa Pugerkulon ikuti dan ramaikan acara Petik Laut dan Selamatan Desa!

BUKAN HUJAN, INI YANG DITUNGGU-TUNGGU DI BULAN JUNI

0

Pugerkulon (22/06/2022) Pemdes Pugerkulon mengadakan kegiatan rutin bulanan sejak pandemi Covid-19 menyebar luas di Indonesia, yaitu penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa). Pandemi Covid-19 telah mereda, akan tetapi penyaluran BLT DD tetap berlangsung untuk membantu perekonomian masyarakat yang membutuhkan agar dapat terbantu dalam mencukupi kehidupan sehari-hari. Jadi, bukan hujan yang ditunggu-tunggu oleh KPM BLT DD di bulan Juni, melainkan BLT DD tahap VI yang ditunggu-tunggu.

Tak terasa di tahun 2022 ini telah diadakan penyaluran BLT DD sebanyak 6 tahap. Antusias warga tetap membara ketika mendapat undangan untuk menghadiri penyaluran BLT DD. BLT DD di Desa Pugerkulon disalurkan kepada 153 KPM yang tersebar di enam dusun yang ada di Desa Pugerkulon.

Dusun Krajan II sebagai dusun yang memikili penduduk terbanyak, telah disalurkan BLT DD kepada 40 KPM. Disusul Dusun Gedangan 32 KPM. Selanjutnya di Dusun Krajan I 28 KPM. Dusun Mandaran I 21 KPM. Dusun Mandaran II 17 KM. Yang terakhir di Dusun Kauman yang memiliki penduduk paling sedikit, disalurkan BLT DD sebanyak 15 KPM.