10.3 C
New York
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

PUGERKULON DUWE GAWE : KEMERIAHAN PUGERKULON FEST RAYAKAN DUA MOMEN ISTIMEWA

Pugerkulon selama empat hari berturut-turut 10 – 13 Agustus 2022 mengadakan festival Petik Laut dalam rangka memperingati bulan Suro/Muharram dan HUT RI. Adapun serangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Tradisional Semarak Petik Laut

Hari Petama di serangkaian acara Pugerkulon Fest, 10 Agustus 2022, diadakan lomba Tradisional Semarak Petik Laut di Lapangan Kecamatan Puger oelh Pemdes Pugerkulon berkolaborasi dengan mahasiswa KKN yang berasal dari Unej, UIJ, INAIFAS, dan ITS Mandala. Lomba yang diadkan dari pukul 15.00 – 17.00 WIB ini dimeriahkan oleh masyarakat dengan kategori bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak.

2. Khotmil Qur’an

Khotmil Qur’an diselenggarakan Pemdes Pugerkulon dengan para tokoh agama serta mahasiswa KKN. Khotmil Qur’an yang khitmad ini berlangsung dari pukul 06.00 – 10.00 WIB yang bertempat di Aula Kantor Desa Pugerkulon. Di hari kedua Pugerkulon Fest, Yatu tanggal 11 Agustus 2022.

3. Tahlil Akbar

Masih di hari kedua dalam serentetan Pugerkulon Fest, di malam harinya diadakan acara Tahlil Akbar. Acara Khotmil Qur’an dan Tahlil Akbar ini diselenggarakan dengan tujuan selamatan desa berdoa meminta keselamatan dan keberkahan rezeki kepada Allah SWT. Tahlil akbar ini diikuti oelh keluarga Pemdes Pugerkulon dan masyarakat.

4. Parade Musik Patrol

Seusai Tahlil Akbar, Langsung disambung oleh acara Parade Musik Patrol. Karena antusiasme masyarakat, acara ini diikuti oleh 10 kelompok yang dibagi menjadi dua sesi yaitu tanggal 11 dan 13 Agustus 2022.

5. Kirab Budaya

Setelah dua tahun vakum dalam kegiatan kirab budaya akibat Pandemi Covid-19, tentunya kirab budaya kali ini sangat meriah dan dinanti-nantikan oleh masyarakat Pugerkulon. Kemeriahan dan kemegahan acara ini terlihat dari partisipasi masyarakat yang mengikuti acara kirab ini, yaitu 21 kelompok yang terbagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah PAUD dan TK sebanyak 10 kelompok yang dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga selesai. Kategori yang kedua adalah umum, SD, SMP, dan SMA atau sederajat sebanyak 17 kelompok yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Kirab Budaya diadakan di batas desa, dari Dusun Gedangan hingga Kantor Balai Desa Pugerkulon.

6. Pagelaran Wayang

Usai Kirab Budaya, malam harinya langsung disambung oleh acara Pagelaran Wayang yang didalangi oleh Dalang Dirjo dengan lakon “Bolodewo Tandang”. Acara ini tentunya disambut hangat oleh masyarakat, mengingat selama masa pandemi acara yang seperti ini tidak diadakan untuk membatasi mobilitas masyarakat.

7. Larung Sesaji

Penutupan dari sekian banyak rentetan acara Pugerkulon Fest ini adalah acara Larung Sesaji. Acara larung sesaji tahun ini sangat meriah selain diikuti oleh masyarakat, pada acara yang spesial ini juga dihadiri oleh muspika yang melihat langsung pelarungan sesaji.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles