27.3 C
New York
Selasa, Agustus 16, 2022
spot_img

BUMDESMA BUMI PUGER HADIR SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

Pugerkulon (30/06/2022) Luar biasa dalam 1 hari Pemdes Pugerkulon telah mengadakan 2 rapat. Selain pertemuan rutin PKK, diadakan pula Musyawarah Desa. Musyawarah Desa atau yang biasa disebut dengan musdes kali ini membahas tentang Sosialisasi dan Penetapan Transformasi Eks PNPM MPd Menjadi Bumdesma.

 

Perlu diketahui bahwa PNPM MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan) yang berada di bawah naungan BKAD adalah program yang mengadakan kegiatan SPP (Simpan Pinjam Perempuan). Kini, PNPM MPd bertransformasi menjadi Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) yang memiliki program lebih luas lagi. Selain SPP, Bumdesma juga dapat menjalin kerja sama dalam usaha lain yang berkaitan dengan penambahan modal.

Transformasi Bumdesma ini diadakan karena Kecamatan Puger menduduki peringkat lima besar se-Kabupaten Jember dalam pengelolaan dan pengembangan modal. Nama Bumdesma untuk Kecamatan Puger adalah BUMDESMA BUMI PUGER.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2021 Pasal 7 ayat (5) yang berbunyi: “Pendirian Bumdes Bersama (Bumdesma) dilakukan dengan desa lain secara langsung tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya bumdes di desa masing-masing”. Artinya, desa-desa se-Kecamatan Puger dapat mengadakan kerjasama dengan BUMDESMA BUMI PUGER.

Acara yang dihadiri oleh kepala desa, anggota BKAD, perangkat desa, ketua BPD, ketua PKK, Babinmas, dan tokoh masyarakat ini berlangsung pada pukul 11.30 – 12.30 WIB di Aula Kantor Desa Pugerkulon dan besepakat untuk menunjuk 5 delegasi desa untuk Kecamatan Puger, yaitu. (1) Bapak Nurhasan selaku Kepala Desa Pugerkulon, (2) Bapak Nurdiyanto sekalu Ketua BPD Desa Pugerkulon, (3) Bapak Mashudi selaku Ketua LPM Desa Pugerkulon, (4) Ibu Ninik Dwi Lestari selaku tokoh pemuda perempuan, dan (5) Bapak Hasan Bisri selaku tokoh pemuda laki-laki.

Selain musdes penetapan, diadadakan pula penyaluran Bansos BKAD Eks PNPM MPd Kecamatan Puger kepada 58 RTM (Rumah Tangga Miskin). Bansos yang diterima berupa beras 5kg untuk setiap RTM.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles