0.6 C
New York
Kamis, Januari 20, 2022
spot_img

Bimbingan Teknis dan Diseminasi Pemanfaatan Pengindraan Jauh Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) Organisasi Riset Penerbangan Dan Antariksa  

Puger Kulon – Jumat 22 Oktober 2021 dilaksanakan kegiatan Bimtek Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) bagi Nelayan yang di prakarsai oleh Bambang Haryadi, S.E, selaku anggota DPR RI Dapil Jember- Lumajang yang dihadiri Kepala Desa, Perangkat Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Nelayan Puger Kulon dan Nelayan Puger Wetan.

Pada umumnya nelayan yang ada di Desa Puger kulon dan Puger wetan mayoritas pekerjaan sehari – harinya yakni seorang Nelayan akan tetapi masih tergolong dalam kelompok Nelayan Tradisional yang mengandalkan naluri dengan menduga – duga tempat berkumpulnya ikan, dan akibatnya hanya membuang – buang solar untuk bahan bakar.

Tujuan Bimtek kali ini yakni memanfaatkan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) berdasarkan data penginderaan jauh kerja para nelayan akan dipermudah, karena para nelayan bisa langsung menuju lokasi dimana diprediksi ikan-ikan akan berkumpul. Selain menghemat bahan bakar, hasil tangkapan juga akan melimpah. Pada akhirnya para nelayan akan hidup lebih sejahtera.

Informasi ZPPI merupakan posisi koordinat bujur dan lintang yang dapat digabungkan dengan peta digital, alat bantu pengarah posisi atau lokasi elektronik maupun gawai elektronik. Teknologi dari pemantauan satelit itu bisa mendeteksi suhu permukaan laut, dan parameter-parameter yang lain yang bisa dijadikan sebagai informasi tempat berkumpulnya ikan.

Harapan dari bimtek ini semoga kedepannya para nelayan dapat menghasilkan hasil laut yang melimpah dan tentunya ilmunya dapat bermanfaat.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,929FansSuka
3,125PengikutMengikuti
14,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles