0.6 C
New York
Kamis, Januari 20, 2022
spot_img

Sosialisasi Penguatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana Untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan

Puger Kulon – Kamis 21 Oktober 2021, dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Destana yang dihadiri oleh BPBD, Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkatibnas, Pokja dan Karang Taruna di Balai Desa Puger Kulon mulai jam 09.30 hingga selesai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember melakukan sosialisai antisipasi terjadinya tsunami dengan upaya kesiapsiagaan masyarakat terhadap ancaman bencana yang terjadi di Desa Puger Kulon hal ini dikarenakan adanya kerawan bencana dengan risiko tinggi dalam pemetaan tsunami di daerah yang berada dari kawasan pesisir Laut Selatan Jawa.

Berdasarkan analisa BMKG, potensi ketinggian gelombang tsunami di Jember mencapai 19 – 20 meter. Gelombang tinggi akan mencapai bibir pantai antara 20 – 24 menit setelah gempa terjadi. Dari analisa ini apabila terjadi gempa yang kuat dengan durasi lebih dari 20 detik, maka kita mempunyai waktu selama 20 menit untuk melakukan evakuasi dari tempat dengan ketinggian lebih 20 meter.

Untuk melindungi masyarakat terhadap terjadinya bencana, pemerintah desa perlu memberikan beberapa rencana pembekalan kepada masyarakat :

  1. Pengelolaan Resiko Bencana Berbasis Komunitas
  2. Pengkajian Resiko Bencana Partisipatif
  3. Pengembangan sistem peringatan dini inklusif
  4. Penyusunan Rencana Evakuasi
  5. Penyusunan Rencana Kontijensi Desa
  6. Pengembangan Form Relawan pengurangan resiko Bencana Desa
  7. Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,929FansSuka
3,125PengikutMengikuti
14,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles