24.1 C
New York
Senin, September 20, 2021
spot_img

Pendataan SDGs, Kader Posyandu Tingkatkan Skil Melalui Bimtek

Puger kulon – Senin, 24 Mei 2021 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi relawan pendata SDGs Desa tahun 2021. Narasumber kali ini adalah Bapak Eko Yudianto menjelaskan teknis pengisian SDGs. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Pugerkulon, Sekertaris Desa, dan Relawan Pendata SDGs.

SDGs atauĀ Sustainable Development GoalsĀ Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sedangkan Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing padukuhan, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.

Dalam pendataan kegiatan ini juga melibatkan 70 Kader Posyandu yang tersebar di masing – masing Dusun dan waktu Pelaksanaan SDGs dimulai dari tanggal 1 Maret sampai tanggal 31 Mei 2021. SDGs memiliki 4 Survei diantaranya Survei Desa, Survei RT, Survei Keluarga, dan Survei Individu.

Kepala Desa Puger Kulon juga berpesan kepada seluruh petugas atau Kader agar teliti dan juga jangan sampai ada warga yang ketinggalan dalam pendataan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,484FansSuka
2,948PengikutMengikuti
14,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles