24.1 C
New York
Senin, September 20, 2021
spot_img

SUPERVISI TIM PSN & GJB 60 Menit

Pugerkulon – Puger Giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Lingkungan Dusun Krajan II Desa Puger Kulon melakukan Supervisi setiap hari Jumat. Kegiatan ini di ikuti oleh Bidan, Perangkat Desa dan Kader Posyandu.

Pencegahan penyakit DBD sangat tergantung pada pengendalian vektornya, yaitu nyamuk Aides Eegypti.

PSN pada dasarnya merupakan pemberantasan jentik atau mencegah agar nyamuk tidak berkembang tidak dapat berkembang biak. Pada dasarnya PNS ini dapat dilakukan dengan:

  1. Menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali, Ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa perkembangan telur agar berkembang menjadi nyamuk adalah 7 Hari Sekali.
  2. Menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, drum, dan tempat air lain dengan tujuan agar nyamuk tidak dapat bertelur pada tempat-tempat tersebut.
  3. Mengganti air pada vas bunga dan tempat minum burung setidaknya seminggu sekali.
  4. Membersihkan pekarangan dan halaman rumah dari barang-barang bekas terutama yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk, seperti sampah kaleng, botol pecah, dan ember plastik.
  5. Munutup lubang-lubang pada pohon terutama pohon bambu dengan menggunakan tanah.
  6. Membersihkan air yang tergenang di atap rumah serta membersihkan salurannya kembali jika salurannya tersumbat oleh sampah-sampah dari daun.
  7. Selain itu ada warga diberikan juga diberikan Abate ( larvasida butiran ) untuk membunuh jentik nyamuk Aedes Aegypti saat masih berada di dalam fase larva.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,484FansSuka
2,948PengikutMengikuti
14,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles