Tanggapi Surat yang Viral, PMI Jember: Tidak Ada Warga Jember yang Kena Corona

0
339

Pugerkulon.id – Mengutip dari PORTAL JEMBER – Sejak Rabu, 4 Maret 2020, beredar sura dari PMI yang menyebut ada 65 warga Jawa Timur yang diduga terjangkit virus corona.

Surat itu menyebar melalui berbagai grup aplikasi percakapan ponsel. Dari surat itu disebutkan, ada seorang warga Jember yang diduga terjangkit virus corona.

Menanggapi hal itu, Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki mengatakan, tidak ada warga Jember yang terkena virus corona.

Dia mengatakan, surat yang beredar di masyarakat dengan nomor 267/02.06.00/YANKES/III/2020 tentang penyebaran virus corona di Jawa Timur merupakan informasi yang benar.

Dalam surat itu disebutkan satu orang warga Jember diduga terjangkit virus corona.

Namun, Zaenal menegaskan, satu orang tersebut sudah dinyatakan tidak terkena virus corona.

“Surat edaran dari PMI Jatim itu benar, tetapi satu orang yang ada di Jember tidak terjangkit corona,” ujarnya, Kamis, 5 Maret 2020.

Zaenal menjelaskan, 65 orang tersebut merupakan orang yang sudah dilakukan observasi dua kali dengan rentang 14 hari.

Hasilnya, semua dalam keadaan sehat dan tidak pernah terjangkit corona. Mereka sudah dinyatakan sehat dengan surat yang diterbitkan Kementerian Kesehatan.

“Sudah diobservasi dua kali oleh Kemenkes dan semuanya negatif corona serta sudah ada suratnya dari Kemenkes,” imbuhnya.

Menruut Zaenal, surat yang dikeluarkan PMI itu sebenarnya meminta PMI Jember untuk memberikan pendampingan agar yang bersangkutan bisa diterima lingkungannya.

Sebab, banyak warga yang masuk daftar surat tersebut tidak diterima di lingkungannya.

“Orang yang dianggap terjangkit itu tidak diterima di lingkungannya sehingga membuat kondisinya menjadi trauma. Maka surat itu muncul untuk pendampingan traumanya,” jelasnya.

PMI Jember diminta memberikan trauma healling, agar orang tersebut tidak depresi dan bisa diterima oleh masyarakat.

Kedepannya, pria yang juga pengacara itu mengatakan, PMI akan memberikan pemdampingan dengan menerjunkan enam orang petugas trauma healing. “Kami akan terjunkan enam orang tim trauma healing nantinya agar bisa memberikan pendampingan,” tandasnya.

Yang pasti, semua orang yang berada dalam daftar yang dikeluarkan oleh PMI Jawa Timur telah dinyatakan sehat dan tidak terjangkit virus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here