Pugerkulon – Puger, Jember Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan yang serius. Hal ini sering menimbulkan kekhawatiran karena perjalanan penyakit DBD tergolong cepat dan dapat menimbulkan wabah serta kematian dalam waktu yang singkat. Pemerintah Desa Puger kulon bersama Puskesmas Puger bekerjasama memberantasan penyebab DBD dengan menggunakan Fogging di Dusun Gedangan dan Dusun Krajan I.

Fogging ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah sekaligus membasmi sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Namun juga perlu di perhatikan oleh masyarakat, Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan lingkungan dengan mencegah DBD ini yaitu menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas.

Penyebab berkembangnya Nyamuk dimulai dari genangan air yang kurang bersih dan untuk kesempatan berkembang biak sangatlah cepat, oleh karena itu tampungan air di ember atau bak kamar mandi jangan terlalu lama didiamkan. Menguras bak mandi secara rutin sangat membantu dalam mencegah adanya jentik nyamuk yang hidup di dasar kolam. Jika ada kolam di taman sebaiknya ditaruh ikan pemakan jentik seperti ikan mujair atau cupang.

Perhatikan pula berbagai barang bekas, seperti ember, kaleng, atau ban yang bisa saja menampung air ketika hujan datang. Segera buang air tersebut agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.
Jika, di rumah ada tanaman hias yang ditaruh dalam vas berisi air juga harus diperhatikan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here